Cara Menginstal dan Mengelola Paket Snap di Ubuntu 16.04 LTS


Wuztech - Sistem Operasi Ubuntu 16.04 LTS memperkenalkan paket "Snap" merupakan paket terbaru dari Ubuntu 16.04 LTS. Snaps sendiri berguna untuk menginstal aplikasi didalam Ubuntu 16.04 LTS, Paket Snap sendiri masih membutuhkan Terminal yang sudah ada didalam aplikasi Ubuntu perintah yang digunakan apt get tetapi ini berbeda dengan yang biasanya. Dpkg hanya akan dapat menginstal .deb dengan cara lama tetapi tidak terkunci lagi.


Snaps yang memiliki ekstensi ".snap" lebih mirip dengan container. Aplikasi si Snaps Self-Contained yang mencakup semua perpustakaan yang dibutuhkan untuk berfungsi dan sandboxed. Hebatnya aplikasi ini menginstal ke direktori mereka sendiri dan tidak mengganggu seluruh sistem yang ada.
Tidak semua aplikasi yang sudah tersedia terkunci dulu, apabila anda masih menemukan aplikasi yang terkunci, berikut cara untuk menginstalnya :


Baca Juga : Tutorial Cara Teleport Video Game Untuk Setiap Ruangan Rumah Anda

Cari Paket Snap Yang Sudah Tersedia



Untuk melihat semua daftar paket yang sudah tersedia didalam store, buka terminal dan jalankan perintah sebagai berikut :


Untuk mencari paker tertentu dengan nama, hanya menambahkan istilah nama di akhir perintah snap : 

Untuk deskripsi pencarian yang lebih lengkap silahkan tuliskan perintah diwabah ini :


Baca Juga : Cara Menghentikan Update Windows 10 Secara Otomatis

Cara Menginstal Paket Snap

Dalam menginstal paket snap gunakanlah perintah sebagai berikut : 


Dalam proses penginstalan paket akan mendownload dan menginstal secara otomatis.
 


Untuk aplikasi yang lain anda dapat mencarinya di store apabila anda ingin lebih mudah silahkan tuliskan nama aplikasi yang dibutuhkan didalam terminal dekstop anda kemudian tekan Tab dan silahkan lakukan pemasangan.


Cara Update Snaps

Untuk melakukan update aplikasi snap dpat dilakukan dengan perintah sebagai berikut : 



Cara Daftar Snaps 

Untuk proses pendaftaran snap silahkan tuliskan perintah sebagai berikut :


Untuk melihat aplikasi yang sudah terinstal silahkan tuliskan perintah sebagai berikut :



Cara Hapus Paket Snap

Untuk proses penghapusan paket snap yang terpasang silahkan jalankan perintah sebagai berikut : 



Lihat Perubahan Terbaru

Untuk melihat paket snap yang terpasang dan terhapus silahkan jalankan perintah sebagai berikut :


Baca Juga : Tutorial Mengaktifkan Kembali Fitur Hibernation Di Windows 8 Dan Windows 10
Tag : TUTORIAL
42 Komentar untuk "Cara Menginstal dan Mengelola Paket Snap di Ubuntu 16.04 LTS"

Numpang jejak gan soalnya baru make ubuntu jadi butuh informasi

wah.. mantab gan... tutorialnya sangat lengkap
jadi tahu nih sekarang cara menginstal paket snap di ubuntu

nice share sob, ane nyoba pakai ubuntu masih bingung, biasa pakai windows soalnya >_<

nice info bro.. ini yg lagi saya cari2. :)

lengkap mas tutorialnya, dlu saya pernah pakai ubuntu tapi udah gak lagi heheh :D

kalo di windows snap itu kaya apa ya gan ???

wah susah juga ya, gpp deh jadi tambah wawasan

makasih infonya gan
kebetulan ane mau instal ubuntu nih hihi (o)

silahkan ikuti informasi tentang ubuntu di blog ane gan

itu sudah lengkap gan nanti admin share lagi yang lebih tentang Ubuntu gan

Makasi gan ari kemarin aku coba pake ubuntu masih bingung soalnya

mantap gan
bisa langsung dicoba nih

Ternyata ubuntu Itu keren ya, jadi pengen pindah ke ubuntu

keren yaaa nanti saya coba ah

Terimakasih untuk tutronya mas, jadi tambah ilmj tentang ubuntu

Sama - Sama Gan Terima Kasih sudah berkunjung

Silahkan diterapkan gan di Ubuntu Anda

Saya sarankan untuk pemula silahkan gunakan 2 Sistem Operasi

Tutor Coding nya bagus gan post lagi tutor yang lainnya gan,,,,

ga ngerti ane gan ubuntu-ubuntu :3 ane cuma tau Windows sama Android :v

Ane gak pake ubuntu gan, tapi nambah ilmu sih..

silahkan untuk di terapkan gan

kan bisa dibagi menjadi dua Sistem Operasi gan

terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat gan

Sabar Gan masih dalam proses

semoga bermanfaat gan terima kasih sudah berkunjung

pake snap itu apa sih sob baru denger ane?

singkat jelas padat. maksih ya. penjelasannya gak memusingkan :)

masih newbie gan ubuntu, perlu pencerahan nih versi terbarunya. Thanks tutorialnya

makasih gan, pas kali saya lagi belajar ubuntu

makasih infonya gan,, barangkali ada praktek TKJ ane

makasih infonya min sangat bermanfaat sekali

tambah pengetahuan lagi tentang ubuntu
nice post

Pengen migrasi ke linux gan sangat bermamfaat

Silahkan gan asik kok menggunakananya. terima kasih sudah berkunjung

silahkan tunggu gan kelanjutan tentang linux. terima kasih sudah berkunjung

Back To Top